SURAMADU

Standard

Hari pertama bisa ke jembatan merah yg berdekatan dengan kawasan sunan ampel. Dr jembatan merah bisa naik becak ke kawasan ampel. Setelah itu ke kawasan genjeran. Bisa seharian di tempat itu. Malamnya coba ke bungkul, dekat kebun raya surabaya di jalan dharmo. Itu salah satu tempat tongkrongan yang asyik. Banyak makanan dan minuman, salah satunya jus 1 liter….

Bsok bisa coba kebun rayanya kemudian plaza surbaya kalu mau belanja atau pasar turi. Sorenya bisa nyewa motor buat ke suramadu.

Hari ketiga, karena dekat dari surabaya dan kalu suka wisata makam keramat, coba aja ke gresik, disana ada 2 makam wali. Dan ke gresik tinggal naik angkot dari jmp.

Sebaiknya dari sekarang melakukan reservasi SHT (Surabaya Heritage Track)
kenapa reservasi? karena biasanya kalo datang langsung, pasti full, ini nomernya: 031-3539000
gratis 2 jam mengelilingi situs heritage surabaya.
Start nya di House of Sampoerna, bisa search di google 🙂

Kalau mau jogging, banyak kok taman di surabaya dan bagus-bagus semua, coba googling aja biar lengkap.

Habis dari House of Sampoerna, jangan lupa mampir ke Makam Sunan Ampel tapi kalo bisa sih malam aja, bisa wisata kuliner makanan arab & india, hehehe

Di madura sih terkenal pantainya, selain itu ada bebek yang juga udah terkenal di Indonesia. Namanya Bebek Sinjay. sambelnya mantappp hehehe

Mengenai transportasi, public transportation kurang saya rekomendasikan, karena terlalu mahal nanti jatuhnya, 1x naik kisaran 3.000 dan bisa jadi pindah-pindah angkot nanti.

Sebaiknya sewa motor saja. Tapi saya juga tidak tahu dimana bisa mendapatkannya.

Kalau mau eksplorasi Madura sebaiknya jangan hanya di Suramadu saja. Masuk sedikit lebih ke dalam mampir di Bangkalan, nyobain Bebek Sinjay dengan sambal mangga muda. Lalu bisa lanjut ke Pantai Siring Kemuning dan pusat kerajinan batik Madura Tanjung Bumi, kebetulan lokasinya berdekatan. Kuliner lain yg cukup menarik di Bangkalan adalah Rujak Soto dan Soto Mata Sapi. Kalau mau sedikit agak ke timur, di Sumenep ada Pantai Lombang yg indah dengan Pohon Cemaranya. Di Pamekasan ada Air Terjun Toro’an yang jatuhnya pas ke laut. Di Sampang ada beberapa pantai yang cukup menarik dan Hutan Nepa yang dihuni banyak kera. Atraksi paling menarik di Madura tentu saja Karapan Sapi.

“Elly Koo” <ellykookoo@yahoo.com>

 

Saya tinggal 7 tahun di Surabaya sebelum pindah ke Bali tahun lalu.

Kalau anda suka bangunan tua jaman Belanda, maka Surabayalah gudangnya.

Di Jalan Bubutan ada sebuah Rumah Sakit kuno (RS Mardi Santoso) yang sekarang direnovasi jadi restoran, menunya khas Nusantara, lumayan enak.

Di sekitar jalan Bubutan juga banyak bangunan kuno, tinggal mblusuk2 ke gang2 untuk cari sudut fotografi yang cantik.

Di gang2 sekitar masjid Sunan Ampel juga banyak bangunan tua.

Juga bisa jalan kaki berburu bangunan tua di area sekitar Museum Sampoerna & hotel Ibis: ada Penjara Kalisosok, Hotel Ibis alias gedung cerutu, jl Kembang Jepun, Jembatan Merah.

Kalau mau sewa mobil, saya ada langganan, 250rb per 8 jam kalau dalam kota, pakai supir, mobilnya Avanza, tidak termasuk bensin dan tol.

Sebelum pindah ke Bali, saya sempat menyusuri Suramadu dan berkunjung ke Madura, walau hanya sehari. Terasa betapa jauh perbedaan antara Surabaya yg modern dan ramai dengan Madura yg lebih sederhana. Sayang tidak sempat untuk mengitari pulau Madura, karena waktu terbatas.

Terus terang, wisata alam di Surabaya nyaris tidak ada, pantai Kenjeran tidak terlalu menarik. Saya sarankan anda sempatkan satu hari untuk ke Malang. Di kota kecil yang berudara sejuk ini, anda dapat berkunjung ke Pasar Burung, tidak jauh dari stasiun kereta; bursa buku bekas Sriwijaya, juga dekat stasiun (ada yg jualan poster film2 thn 60an); ke Museum mini di Hotel Tugu (gratis); nonton keroncong di restoran Inggil, yg dipenuhi barang2 antik.

Mungkin bisa di google kapan Festival Malang Kembali akan diadakan, ini event meriah setahun sekali yg biasanya dijubelin pengunjung. Ada pameran mobil antik, jualan batik, makanan jadul (gulali, bir jawa), pertunjukan seni musik dan tari. Biasanya diadakan awal tahun, dua kali saya ke sana selalu disambut hujan deras…

Sumber tulisan:

“habibi_ui@yahoo.com” habibi_ui@yahoo.com

“Wahyu Ika Aprilia” wahyuika.aprilia@yahoo.com

“Rotua Damanik” rotua.hd@gmail.com

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s